Tips

Cara Kirim Lamaran Kerja Lewat Email yang Benar Agar Tidak Dianggap Spam

Fandi

Cara Kirim Lamaran Kerja Lewat Email – Mengirim lamaran kerja melalui email jauh lebih praktis dan mudah. Namun tidak banyak orang yang tahu cara kirim lamaran kerja lewat email dengan benar. Sehingga kadang lalai dalam memperhatikan beberapa hal yang bisa menjadi bahan pertimbangan bagi perusahaan untuk menerima lamaran kerja tersebut.

Padahal lamaran kerja yang tidak sesuai atau salah format tidak akan terbaca oleh HRD perusahaan. Maka dari itu, baiknya ikuti ulasan ini agar tahu bagaimana cara mengirim lamaran via email yang tepat, sebagai berikut:

Persiapkan Dokumen Secara Lengkap

Sebelum mengirim lamaran kerja melalui email maka sebaiknya mempersiapkan dokumen pendukung terlebih dahulu. Pastikan semua dokumen yang dibutuhkan oleh perusahaan sudah disiapkan dengan baik dan tidak terlewat satupun. Beberapa dokumen pendukung yang digunakan untuk melamar kerja adalah sebagai berikut:

  • Surat lamaran kerja;
  • Curiculum Vitae (CV);
  • Dokumen ijazah (Scan);
  • Scan daftar nilai dari pendidikan terakhir yang ditempul oleh tiap pelamar;
  • Scan sertifikat sebagai tanda bukti keahilan atau aktif dalam kegiatan tertentu;
  • Kartu identitas sebagai validasi atas dokumen yang disertakan (scan);
  • Scan pas poto terbaru dengan baground standar; dan
  • Jika memang diperlukan, pelamar juga dapat mengirimkan bukti keterangan sehat. Selain itu, pastikan untuk mengirimkan file dengan ukuran yang pas dan format sesuai dengan yang perusahaan minta.

Gunakan Alamat Email yang Profesional

Agar email lamaran kerja diterima oleh perusahaan, maka gunakanlah alamat email yang sesuai. Alamat email yang tepat untuk melamar pekerjaan adalah menggunakan nama lengkap. Hindari nama alias, karena perusahaan akan berfikir kalau pengirim tidak serius untuk melamar kerja. Selain itu, alamat email yang rumit dan sukar dibaca akan terlihat tidak formal.

Dengan alamat email yang jelas dan berisi nama lengkap, akan memudahkan HRD untuk mengenali pelamar. Jika saat ini masih menggunakan alamat email yang belum tepat, maka buatlah alamat email baru yang profesional.

Isi Subject Email

Cara kirim lamaran kerja lewat email berikutnya adalah dengan memperhatikan bagian subject email. Hal ini sering terlewatkan oleh pelamar, padahal subject email sangat penting bagi HRD untuk filter lamaran kerja yang masuk. Subject email merupakan salah satu tanda untuk mengetahui pesan yang masuk pada email tentang apa. Ketika tidak mengisi subject email, maka dapat dianggap spam.

Apabila perusahaan sudah menentukan subject email ketika melamar kerja, maka pelamar harus mengikuti ketentuan tersebut. Namun jika belum ditentukan oleh perusahaan maka ikut format subject: Lamaran Kerja_Nama_Posisi yang dilamar.

Tulis Pengantar di Body Email

Tidak hanya menulis subject email dengan tepat, pelamar juga harus mengisi body email. Pengisian body email dapat dilakukan menggunakan cover letter sebagai pengantar berkas lamaran kerja dikirimkan. Penggunaan bahasa untuk mengirim lamaran kerja harus formal. Cover letter harus memuat salam, pembuka, isi dan penutup.

Dalam cover letter ini, harus meliputi beberapa hal. Seperti darimana info lowongan kerja diterima, posisi apa yang dilamar dan informasi pribadi. Tuliskan juga dokumen apa saja yang dilampirkan sebagai bahan perimbangan.

Kirim Email Ketika Jam Kerja

Setelah membuat cover letter, selanjutnya yaitu melampirkan dokumen-dokumen yang sudah disiapkan. Pastikan ukuran dokumen tidak lebih dari 1 MB dan tidak dalam format rar atau zip. Dikarenakan kedua format ini akan mengkompresi beberapa file menjadi satu dan berukuran kecil. Hal ini juga akan mempersulit HRD untuk mengubah file.

Kirimkan email lamaran kerja tersebut pada jam kerja yaitu mulai jam 8 pagi hingga 5 sore. Waktu efektif lainnya adalah dengan mengirim email saat jam 10 sampai 11 siang atau jam 2 hingga 3 sore.

Inilah beberapa cara kirim lamaran kerja lewat email yang benar. Pastikan menggunakan alamat email yang profesional, sehingga perusahaan dapat mempertimbangkan lamaran kerja yang masuk. Terakhir, pastikan untuk memeriksa kembali lampiran dokumen pada email, sebelum benar-benar mengirimkan!

Jangan lupa ikuti Channel Telegram kami
t.me/lowongankerjapurwokerto

Baca Juga

Tinggalkan komentar