cara membuat surat resign

Contoh dan Cara Membuat Surat Resign Kerja yang Resmi dan Sopan

421 Dilihat

Cara Membuat Surat Resign Kerja – Sama halanya dengan menulis surat lamaran, ketika memutuskan untuk berhenti pun harus membuat surat pengunduran diri sesuai dengan kaidah. Meski akan meninggalkan tempat tersebut, bukan berarti surat resign ini dapat ditulis secara sembarangan. Untuk itu cara membuat surat resign kerja yang resmi dan sopan dapat dilakukan sebagai berikut:

Daftar Isi

Format Isi Surat Resign yang Sesuai dengan Pedoman

Cara membuat surat resign yang resmi, sopan, dan benar harus berpatokan pada format isi yang tepat. Jangan sampai isi dari surat pengunduran diri berantakan dan tidak runtut. Berikut adalah poin-poin yang wajib ada pada format isi surat resign:

1. Nama Jelas Kota dan Tanggal

Pada sudut kanan atas surat, tuliskan nama kota tempat penulis berada dan tanggal saat pembuatan surat. Tulis nama kota secara jelas sesuai penulisan yang benar. Kemudian untuk tanggal pembuatan, tuliskan dari mulai tanggal, bulan, hingga tahun.

2. Nama Perusahaan dan Alamat Perusahaan

Menuliskan nama perusahaan beserta alamatnya juga merupakan salah satu hal terpenting dari isi surat resign. Ini dapat dituliskan di bawah nama kota dan tanggal surat dibuat. Tepatnya di sisi kiri surat. Tuliskan dengan jelas kepada siapa surat ditujukan.

3. Salam Pembuka

Sepertinya kebanyakan surat resmi dan non resmi lainnya, memberi salam pembuka adalah suatu hal yang wajib ketika menulis surat. Tuliskan salam pembuka ini di sisi kiri surat, tepat di bawah nama perusahaan dan alamat yang telah dicantumkan sebelumnya.

4. Alasan Pengunduran Diri

Selanjutnya adalah menjelaskan alasan mengapa ingin mengundurkan diri dari perusahaan tersebut. Sampaikan dengan sopan dan memperhatikan kaidah penulisan yang baik dan benar. Jangan lupa untuk menuliskan nama lengkap dan jabatan selama bekerja di perusahaan tersebut.

5. Cantumkan Tanggal Jelas Mulai Mengundurkan Diri

Ini juga merupakan bagian yang amat vital dari sebuah surat resign. Tuliskan secara jelas mulai kapan tepatnya tanggal pengunduran diri atau tidak aktif lagi bekerja. Ini sangat penting untuk keperluan administratif perusahaan maupun karyawan itu sendiri.

6. Memberikan Permintaan Maaf Kepada Perusahaan

Sebagai bentuk kesopanan dan menghormati tempat di mana bekerja selama ini, ucapkan permintaan kepada pihak perusahaan. Tuliskan permintaan maaf apabila selama bekerja di perusahaan tersebut pernah melakukan kesalahan atau lain sebagainya. Penulis dapat pula menambahkan ucapan terimakasih pada bagian ini.

7. Beri Salam Penutup dan Tanda Tangan

Terakhir, beri salam penutup di akhir isi surat. Sama seperti salam pembuka, salam penutup juga wajib ada pada setiap jenis surat. Bubuhkan tanda tangan karyawan yang menulis surat pengunduran diri di bagian paling bawah surat.

Contoh Surat Resign Yang Resmi Dan Sopan

Agar pembaca dapat lebih memahami surat resign seperti apa yang harus ditulis sesuai pedoman, berikut adalah contoh dari surat pengunduran diri resmi. Isinya sendiri dapat divariasikan masing-masing penulis selama tetap berpatokan pada format surat resign yang telah disebutkan sebelumnya.

Permohonan Pengunduran Diri

Bandung, 8 Agustus 2021

Kepada Yth,
HRD PT. Sinar Jaya

di Jl. Buah Batu, Bandung

Dengan Hormat,

Saya karyawan PT. Sinar Jaya, atas nama Eka Neshawati, dengan surat ini bertujuan untuk mengajukan permohonan mundur dari posisi saya sebagai Manajer Personalia.

Permohonan ini saya ajukan terhitung mulai tanggal 10 Agustus 2019 karena ingin berpindah tempat tinggal. Mohon maaf bila selama bekerja telah melakukan banyak kekeliruan. Tidak lupa saya ucapkan terimakasih selama saya bekerja di sini telah diberi kepercayaan dan pengalaman yang luar biasa.

Demikian surat pengunduran diri ini saya sampaikan, kiranya dapat diterima oleh Bapak/Ibu.

Hormat Saya,

 

(Eka Neshawati)

Demikianlah pembahasan mengenai contoh dan cara membuat surat resign kerja yang resmi dan sopan. Sekali lagi, isi dari surat pengunduran diri tidak harus mutlak sama persis seperti yang telah dicantumkan pada contoh. Selama mengikuti format isi yang benar, surat resign pun dapat divariasikan sesuai kondisi pengajunya.

Jangan lupa ikuti Channel Telegram kami
t.me/lowongankerjapurwokerto

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.