cara memperkenalkan diri saat interview

Cara Memperkenalkan Diri Saat Interview Fresh Graduate dengan Benar

111 Dilihat

Cara Memperkenalkan Diri Saat Interview – Melamar pekerjaan di suatu perusahaan membutuhkan beberapa proses. Tahap terakhir dalam proses rekruitment adalah interview. Dalam tahap ini HRD akan meminta pelamar untuk memperkenalkan diri tak terkecuali pelamar fresh graduate. Cara memperkenalkan diri saat interview fresh graduate harus dilakukan dengan baik, sehingga HRD dapat mempertimbangkan untuk menerima sebagai karyawan baru.

Meskipun terbilang sederhana, namun pertanyaan ini mampu membuat pelamar gugup dan bingung untuk menjawabnya. Lalu bagaimana cara mendeskripsikan diri saat proses interview? Simak ulasan berikut:

Cara Memperkenalkan Diri Saat Interview Fresh Graduate

Beberapa pelamar sering melakukan kesalahan dalam memperkenalkan diri saat interview. Yaitu dengan menyebutkan poin-poin yang sudah tertera pada CV. Padahal melalui sesi interview ini HRD dapat menilai kepribadian dari pelamar. Berikut cara memperkenalkan diri saat interview fresh graduate dengan benar:

1. Perkenalkan Nama

Meskipun pada CV sudah tertera nama pelamar dengan jelas, namun alangkah baiknya untuk memperkenalkan dengan menyebut nama. Karena HRD akan sesekali menyebutkan nama saat proses interview sehingga hal ini sangat penting. Selain itu, HRD juga dapat memberikan poin plus atas etika ini.

2. Jelaskan Latar Belakang Pendidikan

Latar belakang pendidikan sangat penting, karena menjadi bahan pertimbangan HRD untuk menerima calon karyawan. Jelaskan latar pendidikan secara singkat namun jelas. Selain itu jelaskan juga alasan mengapa memilih pendidikan tersebut. Untuk menambah nilai sebutkan apa saja yang sudah dipelajari saat berada di bangku sekolah atau kuliah.

3. Jelaskan Pengalaman Kerja atau Organisasi yang Diikuti

Dikarenakan merupakan fresh graduate maka belum memiliki pengalaman kerja. Sebab itu, jelaskan pengalaman saat magang atau pengalaman berorganisasi. Seperti magang di posisi apa, di perusahaan apa, dan lainnya. Jelaskan secara singkat hal-hal yang memang memiliki relevansi tinggi dengan posisi yang sedang dilamar saat ini.

4. Sebutkan Pencapaian Apa Saja yang Dimiliki

Melanjutkan poin nomor 3, bagi fresh graduate yang minim pengalaman bisa menyebutkan berbagai pencapaian yang sudah didapatkan. Misalnya selama perkuliahan pernah menjuarai di bidang tertentu, mengikuti karya ilmiah, atau lainnya. Dapat juga menceritakan pencapaian yang didapatkan dari luar kampus. Hal ini akan menjadi nilai plus bagi HRD.

5. Jelaskan Keterampilan Khusus yang Dimiliki

Untuk lebih meyakinkan HRD maka jelaskan keterampilan dan kelebihan yang dimiliki. Pastikan untuk menjelaskan kelebihan yang relevan dengan posisi pekerjaan yang saat ini dilamar. Berikan penjelasan secara spesifik dengan mendemonstrasikan kelebihan ini dalam konteks profesionalisme saat bekerja nanti.

6. Jelaskan Motivasi Melamar Pekerjaan

Akhiri perkenalan diri dengan menjelaskan motivasi dalam melamar pekerjaan. Sebutkan bahwa motivasi melamar kerja di posisi ini karena ingin belajar sekaligus berkontribusi pada perusahaan. Selain itu dapat juga menjelaskan keunggulan dari perusahaan yang dilamar yang mampu menarik perhatian bagi pelamar.

Tips Menjawab Pertanyaan Saat Interview

Agar proses interview yang dilakukan dapat berjalan dengan lancar, pastikan untuk menjawab setiap pertanyaan HRD dengan tenang. Selain itu jangan bertele-tele dengan memberikan penjelasan yang tidak relevan dengan pekerjaan yang dilamar. Namun demikian jangan menjadi pasif dengan menjawab seadanya.

Itulah cara memperkenalkan diri saat interview fresh graduate agar tidak bingung lagi. Sebelum melamar pekerjaan alangkah baiknya melakukan berbagai riset terlebih dahulu terkait perusahaan dan posisi yang dilamar. Sehingga proses rekrutmen dapat berjalan dengan lancar. JadiĀ  mulai dari sekarang, jangan lagi memperkenalkan diri sama persis dengan yang ada pada CV!

Jangan lupa ikuti Channel Telegram kami
t.me/lowongankerjapurwokerto

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *