contoh surat permohonan magang kerja - lokerpurwokertocoid

7 Contoh Surat Permohonan Magang

204 Dilihat

Contoh Surat Permohonan Magang – Salah satu tahap awal untuk mendapatkan pengalaman kerja yang sesungguhnya dari tempat kerja adalah dengan magang. Agar bisa diterima magang di tempat yang diinginkan, maka harus membuat surat permohonan magang. Oleh karenanya, contoh surat permohonan magang yang baik dan benar harus diketahui.

Meskipun memiliki potensi kerja yang baik, namun kalau penulisan surat permohonan magang tidak sesuai dengan prosedur, maka pihak perusahaan tentu enggan menerima permohonan tersebut.

Cara Membuat Surat Permohonan Magang

Membuat surat permohonan magang memang tidak bisa dilakukan secara sembarangan. Ada beberapa tahapan dan ketentuan yang harus diperhatikan agar sesuai prosedur. Berikut adalah cara dan hal-hal penting yang wajib dipahami dalam membuat surat permohonan magang:

1. Memastikan Bahwa Tempat Magang Sesuai dengan Keahlian yang Dimiliki

Sebelum menulis dan mengirim surat permohonan magang ke tempat yang diinginkan, pastikan untuk menyesuaikan keahlian dengan tempat magang yang dituju. Apabila keahlian yang dimiliki dalam bidang ekonomi, tentu tidak akan sesuai kalau magang di departemen keagamaan.

Ini menjadi pertimbangan penting, karena sebagian besar surat permohonan magang yang ditolak disebabkan karena keahlian yang dimiliki dengan tempat magang tidak sesuai.

2. Memulai Struktur Surat dengan Menulis Pihak yang Dituju Secara Jelas

Struktur terpenting yang tidak boleh diacak atau dihilangkan dalam surat permohonan magang adalah keterangan nama perusahaan atau instansi yang dituju. Nama instansi juga harus diperjelas dengan melengkapi alamat di bagian bawahnya.

3. Salam Pembuka

Bagian pembuka surat memang tidak terlalu penting, namun tergolong penting untuk mengantarkan surat menuju tujuan inti. Sebagai pengantar, bagian ini tidak perlu ditulis dengan bertele-tele. Namun, tetap dilengkapi dengan bahasa yang baik dan sopan.

4. Identitas Lengkap

Perbedaan yang mencolok dari surat magang dengan surat resmi lainnya adalah adanya identitas diri yang lengkap sebagai gambaran dan pengenal bagi perusahaan yang menerima surat. Bagian ini biasanya terdiri dari:

  • Nama lengkap tanpa gelar
  • NIM bagi mahasiswa dan NIK untuk umum
  • Alamat pemohon
  • Nama perguruan tinggi jika masih kuliah, beserta program studi yang diambil

Data ini sudah cukup untuk mengenalkan diri kepada perusahaan, agar mengetahui asal usul yang jelas dari pihak yang akan mengajukan permohonan magang.

5. Isi Surat

Bagian inilah yang menjadi inti dan tujuan dari surat yang ditulis. Isi surat berkaitan dengan permohonan untuk diperbolehkan magang di perusahaan atau lembaga yang dituju. Lamanya waktu magang juga ditulis di sini untuk mempermudah perusahaan dalam menyediakan waktu tersebut.

6. Lampiran

Lampiran berisi tentang segala dokumen yang dibutuhkan  untuk melengkapi persyaratan magang yang umum dibutuhkan oleh perusahaan atau instansi.

Baca Juga:

Isi lampiran juga disesuaikan dengan status pemohon. Kalau statusnya mahasiswa atau pelajar, maka salah satu syaratnya adalah melampirkan surat pengantar dari lembaga atau kampus yang ditinggali. Namun, kalau statusnya sudah lulus, transkip nilai dan ijazah juga ikut dilampirkan.

7. Bagian Penutup

Bagian penutup bisa diisi dengan harapan dari pihak pemohon agar permohonannya diterima oleh perusahaan yang dituju. Jangan lupa untuk menyampaikan ucapan terimakasih atas perhatian yang telah diberikan perusahaan kepada surat yang dikirim.

8. Tanda Tangan

Apabila alamat dan tanggal surat sudah ditulis pada bagian awal surat, maka pada bagian ini bisa langsung diberi nama lengkap dan ruang kosong untuk tanda tangan. Namun, jika alamat dan tanggal surat belum ditulis di awal, bisa ditulis pada bagian akhir surat di atas keterangan nama dan tandatangan.

Contoh Surat Permohonan Magang

Surat permohonan magang memiliki banyak jenis jika dikategorikan berdasarkan pengguna dan tempat tujuan magangnya. Berikut adalah beberapa contoh dari surat permohonan magang sesuai jenisnya yang bisa disesuaikan dengan kebutuhan dan penggunaannya:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *