Pengetahuan

Pekerjaaan Jurusan TKJ dan Gajinya, Mana yang Paling Diminati

Fandi

Pekerjaaan Jurusan TKJ dan Gajinya, Mana yang Paling Diminati

Pekerjaaan Jurusan TKJ dan Gajinya РTidak bisa dipungkiri bahwa sekolah menjadi salah satu kebutuhan yang penting misalnya jenjang SMK. Dimana anak-anak SMK memang diharapkan bisa langsung bersaing didunia kerja setelah lulus. Jadi tidak heran jika pada jenjang SMK akan ditemukan jurusan tertentu yang mengarah pada jenis pekerjaan di masa depan salah satunya teknik komputer dan jaringan (TKJ). Di bawah ini ulasan lengkap tentang  peluang pekerjaan jurusan TKJ dan gajinya:

Desain Grafis

Adapun pekerjaan jurusan TKJ dan gajinya yang akan dibahas adalah desain grafis. Dimana pekerjaan ini memang tidak asing lagi untuk anak TKJ. Jadi, untuk tugasnya adalah membuat sebuah desain konten dengan visual yang tentunya menarik. Adapun gaji yang diberikan oleh para desain grafis ini berkisar pada 3-5 juta rupiah.

Selain itu juga ada Web Designer, dimana tugasnya adalah membuat dan merancang tampilan website tertentu. Biasanya para client yang memanfaatkan jasa ini berani membayar dengan mahal. Untuk gaji seorang Web Designer sekitar 3 hingga 7 juta rupiah.

Teknisi Komputer

Sedangkan untuk prospek kerja anak TKJ selanjutnya adalah Teknisi Komputer. Sudah bukan hal yang asing lagi, dimana anak TKJ akan berprofesi sebagai teknisi komputer. Adapun tugasnya ini lebih ke bagian yang mengoperasikan komputer hingga melakukan perbaikan jika ada yang rusak.

Pada beberapa perusahaan atau instansi bagian ini sangat penting untuk dimiliki. Untuk kisaran gaji yang ditawarkan adalah 2 juta hingga 4 juta. Jadi, tunggu apalagi bagi yang berminat untuk bekerja di bagian teknisi komputer maka bisa mendalami ilmunya dengan masuk di TKJ.

Teknisi Jaringan

Kemudian ada juga pekerjaan sebagai Teknisi Jaringan. Dimana tugas dari teknisi jaringan adalah melakukan pengelolaan terhadap hal-hal yang terkait dengan jaringan seperti WiFi hingga kabel telepon dan sebagainya. Untuk orang yang bekerja sebagai teknisi jaringan kurang lebih akan digaji sekitar 3,5 juta. Tentunya jurusan ini yang linear dari siswa TKJ.

Programmer

Jika ketiga pekerjaan tersebut belum ada yang tertarik maka ada lagi pekerjaan yang sesuai dengan jurusan TKJ yaitu Programmer. Orang yang bekerja dengan bahasa pemrograman komputer biasa disebut dengan programmer.

Tidak semua orang bisa belajar bahasa pemrograman, jika bisa secara otodidak pasti juga membutuhkan proses yang lama. Namun, jika sudah mahir tentang ini Programmer bisa membuat website atau softwarenya sendiri. Adapun gaji yang diberikan antara lain adalah sekitar 3 hingga 6 juta.

Customer Service

Selanjutnya ada bagian customer service dimana CS saat ini memang dituntut untuk lebih bisa menggunakan layanan email dan internet. Jadi, para lulusan TKJ akan sangat diperhitungkan. Disini lebih berperan dalam hal menggunakan dan tanggap terhadap layanan digital. Untuk kisaran yang diberikan oleh Customer Service adalah sekitar 3 juta.

System Analyst

Dan pekerjaan yang terakhir dibahas adalah System Analyst. Dimana pekerjaan ini secara umum ada orang yang akan memecahkan masalah terkait dengan melakukan analisa pada suatu sistem komputer ataupun sejenisnya. Biasanya pekerja dibidang ini sangat dibutuhkan oleh instansi atau perusahaan besar.

Sehingga hasilnya bisa digunakan oleh para programmer untuk pekerjaannya. Pasalnya para analis tersebut pasti mampu melihat mana yang benar dan yang salah. Adapun kisaran gaji yang didapatkan sekitar 5 juta.

Demikian itu beberapa prospek pekerjaan jurusan TKJ dan Gajinya yang bisa dijadikan sebagai pandangan. Jadi, bagi yang masih SMP juga tidak ada salahnya untuk kelak masuk di SMK dan mengambil jurusan tersebut. Tentunya prospek kerja dan gajinya juga bisa dipertimbangkan.

Baca Juga

Tinggalkan komentar