5 Tips Nego Gaji Saat Interview untuk Hasil yang Memuaskan

5 Tips Nego Gaji Saat Interview untuk Hasil yang Memuaskan

338 Dilihat

Tips Nego Gaji Saat Interview – Mencari pekerjaan adalah kebutuhan semua orang. Apapun jenis pekerjaannya pasti ada tahapan yang dilalui untuk memantapkan hati dalam memilih suatu pekerjaan. Salah satu tahap penting yakni interview saat pertama kali melamar kerja. Pada tahap tersebut biasanya ada satu hal yang perlu untuk dibahas yakni nego gaji saat interview yang terkadang membuat ragu.

5 Tips Nego Gaji Saat Interview untuk Hasil yang Memuaskan

Bernegosiasi soal gaji saat interview sebenarnya adalah hal biasa. Namun, masih banyak orang yang melewatkan kesempatan ini dengan hanya menyetujui saja gaji yang sejak awal sudah ditawarkan. Padahal, nego gaji bisa dilakukan untuk mendapatkan kesepakatan kisaran gaji yang lebih baik. Lakukan nego gaji menggunakan tips berikut ini:

1. Tampil Percaya Diri dengan Skill yang Dimiliki

Beberapa orang mungkin masih berprinsip asal mendapat pekerjaan berapapun gajinya tidak masalah. Namun, tidak ada salahnya untuk mencoba bernegosiasi soal gaji saat interview kerja. Dalam hal ini sebaiknya lakukan dengan percaya diri dan jangan menunjukkan sikap terlalu minder. Terutama jika memiliki kemampuan yang bisa diperhitungkan di perusahaan tempat melamar kerja.

Jadikan kemampuan dan pengalaman yang dimiliki sebagai bahan nego gaji saat interview. Ucapkan dengan percaya diri jika memang menguasai suatu bidang yang dibutuhkan perusahaan tempat melamar kerja. Selain itu, gunakan prestasi untuk menonjolkan diri saat nego gaji, jika memang pernah mendapatkan prestasi terkait bidang pekerjaan yang dilamar.

2. Jangan Malu Bertanya

Jangan malu untuk bertanya saat nego gaji dalam suasana interview. Siapkan pertanyaan yang baik terkait gaji yang ditawarkan. Perhatikan apakah perusahaan hanya menyebutkan gaji pokok saja saat interview. Di sinilah bisa mulai ajukan pertanyaan barangkali perusahaan memiliki kisaran gaji lain misal gaji lembur, tunjangan, dan sebagainya.

Besaran gaji pokok beserta gaji lainnya yang disebutkan saat interview bisa dijadikan pertimbangan oleh seorang pelamar. Pertimbangan tersebut bisa dijadikan sebuah keputusan, apakah tetap lanjut bekerja atau tidak. Namun, jangan terburu mundur jika kisaran gaji masih bisa dinego dengan baik dan perusahaan menyetujuinya.

3. Jelaskan tentang Pengalaman Kerja dan Gaji yang Pernah Didapatkan

Jelaskan tentang pengalaman kerja yang pernah dijalani dan jangan ragu untuk menyebutkan gaji yang pernah didapatkan. Hal ini akan membuat HRD yang melakukan interview mempertimbangkan tawaran gaji yang akan diberikan. Jika HRD merasa seorang pelamar memiliki kemampuan yang sesuai maka bisa jadi HRD memberikan tawaran gaji lebih dari pekerjaan sebelumnya.

4. Bersikap Baiklah dan Siapkan Alasan yang Tepat

Sepanjang nego gaji saat interview kerja tetap tunjukkan sikap yang baik dan ramah. Tetap tenang saat menerima pertanyaan dan gunakan jawaban yang baik saat menjawab. Kesan yang baik akan membuat perusahaan berusaha mempertahankan seorang pelamar. Hal ini bisa jadi pertimbangan HRD untuk memberi nilai lebih dan bahkan tawaran gaji.

Hindari juga sikap merasa menjadi seseorang yang paling tahu atau paling pintar. Tetap hargai HRD yang melakukan interview agar mudah saat melakukan nego gaji. Ketika nego gaji, maka utarakan sejujurnya tentang kemampuan yang dimiliki dan berikan alasan yang tepat. Jangan lupa akhiri dengan mengucapkan terima kasih ketika telah mencapai kesepakatan.

5. Buat Pertimbangan tentang Tawaran Gaji

Saat nego gaji, HRD biasanya memberikan kisaran tawaran gaji. Maka sebaiknya jangan langsung menerima tawaran tersebut dan berikan alasan untuk mempertimbangkannya. Mintalah waktu beberapa saat untuk mempertimbangkan tawaran gaji tersebut. Saat itu coba perkirakan, apakah gaji yang akan diterima sesuai dengan kemampuan serta kebutuhan hidup sehari-hari.

Lima tips tadi sangat berguna bagi calon pelamar kerja yang akan mempersiapkan diri menghadapi interview. Gunakan tips nego gaji saat interview yang sudah disebutkan, untuk mendapatkan gaji yang diinginkan. Pastikan buat kesepakatan gaji sesuai dengan kemampuan dan pengalaman agar tidak menyesal kemudian.

Jangan lupa ikuti Channel Telegram kami
t.me/lowongankerjapurwokerto

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.